in time “tembakau”

263321_4463090749281_1479085147_n

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

hari ini…. 31 mei benar kah??

31th  Meii diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau (Sedunia), dan di tahun 2013 ini ismafarsi dan seluruh jajaran kesehatan dunia pun  mengusung kampanye untuk mengekspos dan melawan industri rokok yang memalukan. Eh, waiting. Gak usah lah ke skala global, Pandji juga menulis sebuah paparan yang cukup menarik terkait industri rokok dan mungkinbahas bahas masalah ganja juga,,, tapi lupakan masalah ganja,,hehe.. Benar bahwa rokok adalah sebuah produk dari yang namanya industri rokok. Yang melibatkan petani, buruh dan juga juru kampanye berselubung event besar dimana mana,,,,

rokok

fakta fakta yang tejadi

  • upah yang diterima, pekerja industri tembakau menduduki peringkat ke-37 dengan rata-rata upah Rp 662.000 perbulan. Upah buruh tersebut sama sekali tidak menjamin mobilitas vertikal ekonomi para buruh, karena hanya cukup untuk biaya makan. Seharusnya terdapat studi lebih lanjut untuk melihat berapa belanja iklan perusahaan dibandingkan dengan biaya untuk upah buruh. Komparasi ini akan menjadi penting guna melihat bagaimana industri rokok membelanjakan pendapatannya.
  • Sementara petani tembakau pendapatannya lebih rendah lagi, yaitu Rp 81.397 per bulan. Dari upah yang sangat rendah tersebut dapat diketahui bahwa petani tembakau dari jaman Belanda hingga sekarang relatif stagnan status ekonominya, selalu dalam kemiskinan struktural.

Ini fakta terakhir untuk membuat anda berpikir, perusahaan rokok di Indonesia banyak yang merupakan perusahaan Amerika dan Inggris. Sementara di Amerika dan Inggris sendiri masyarakatnya sudah dilarang keras untuk merokok. Nggak percaya? Baca sendiri di sini. Coba bayangkan,  Amerika menjual kepada Indonesia dengan gencar produk yang oleh negaranya sendiri sudah ditinggalkan. Tidakkah itu membuat masyarakat Indonesia jadi tampak bodoh? Ibaratnya, kita nurut sama Ustadz yang bilang supaya kita setia kepada 1 istri, sementara dia sendiri istrinya 4.

beberapa waktu  lalu aku pernah tulis beberapa pendapatku yang menyatakan bahwa merokok itu membantu banyak orang, sampai tukang gali kubur juga disebut. pernah juga baca data statistika dari who mengenai hal itu, Saya cukup yakin data dia lebih aktual, dibandingkan dengan pendapat saya. Yang butuh motivasi untuk melawan busuk-busuknya manuver pelaku industri rokok, saya  pun tak suka dengan fakta bahwa petani tembakau dan buruh pabrik rokok ternyata terjebak dalam kemiskinan yang stagnan (begitu-begitu aja sejak jaman penjajahan Belanda). Ternyata uang yang keluar untuk beli rokok, tidak secara langsung mensejahterakan kaum pekerja yang terlibat dalam rangkaian proses pembuatan rokok. tambah gila aja……..

Semua orang juga tahu bahwa merokok itu merugikan kesehatan. Dan bahwa orang lain tak harus menanggung resiko yang sama dengan keputusan hidup yang sudah dibuat oleh seorang perokok. Kau buang duitmu, aku bakar duitku. Tak perlu lah mencerca seorang perokok dengan fakta yang berjibun. Lalu melangsungkan debat kusir tentang kenapa seseorang harus berhenti merokok. Di rumah sakit udah banyak koq poster penyakit akibat rokok. Pemerintah Singapura juga udah bikin foto-nya di bungkus rokok (di Indonesia sih, masih tulisan doang).

Peringatan-Bahaya-Rokok-300x225

so kalau ketemu orang di angkutan umum, dan dia sedang merokok, dan kamu tidak suka. Jangan suruh dia buang rokoknya. Bisa ribut. Cobalah dengan sopan minta dia matikan dulu rokoknya, biasanya itu lebih berhasil. Toh dia bisa melanjutkan menikmati rokoknya di tempat lain.
Ini kejadian nyata.

tambahannya:

Sampoerna Hijau

Ga ada Loe ga rame : Ga ada rokok, obrolan terasa sepi..

Asyiknya Rame-rame : rame bareng rokok..

jikalah merokok dianggap sebagai hak asasi manusia , maka menghidup udara bersih lebih ber-hak asasi manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s