LKMMF #2 UMP

DSCN4465LKMMF apa itu? Sepertinya tidaklah asing di telinga mahasiswa farmasi. Bagi para siswa siswa putih abu, LKMMF sendiri adalah semacam Latihan dasar kepemimpinan yang mana kegiatan nya itu berkaitan dengan ESQ (Emosional, Spiritual dan Quest) dan dalam isi kegiatannya mengandung unsur peloncoang dan kekerasan senior terhadapa junior. LKMMF tidaklah sekejam itulah,, itu hanyalah pemikiran klasik yang mesti di tinggalkan.LKMMF lebih kepada pembentukan karakter menjadi pemimpin. Pemimpin yang seperti apa?? Ya pemimpin yang pynya kopetensi yang baik.

Perkenalan dulu nih.

Menurut pemenggalan kata. LKMMF itu terbagi menjadi beberapa huruf yaitu : L=latihan;K=kepemimpian; M=Managerial; M=mahasiswa; F=Farmasi. Jadi maknanya adalah latihan kepemimpinan dan managerial bagi mahasiswa farmasi yang di bentuk melalui wadah yaitu ISMAFARSI,

ISMAFARSI, opO MEeneh?hehe..

Ismafarsi adalah Ikatan senat mahasiswa Farmasi seluruh Indonesia yang diartikan sebagai kumpulan seluruh senat nya mahasiswa farmasi dalam cakupan Indonesia. Dikhususkan lagi untuk anggotanya adalah mahasiswa farmasi jenjang S-1.Gambaran nya seperti itu panjang neh ceritany kalau di jabarin.ūüėČ

Balik lagi ke awal mengenai LKMMF. LKMMF yang biasa disebut LK (biar mudah ngomongnya)ini ada tiga tingkatan. LK 1 yang berada di komisariat (Universitas); LK2 berada di tingkat wilayah dan Lk 3 berada di tingkat nasional.

Di fakultas saya, fakultas farmasi Universitas Ahmad Dahlan sendiri 13-14 April yang lalu, sudah melaksanakan LK #1 yang tempat nya di kaliurang, acara nya selama 2 hari, dan cukup memberikan kesan dan ilmu tersendiri, karena konsep acara nya begitu matang juga pematerinya juga keren keren, mulai dari domisioner Koord. Wilayah ISMAFARSI joglosepur, dan Koordinator wilayah Joglosepur yang baru dan domisioner BEM farmasi UGM,

 DSC_1018 DSC_0083 DSC_0170 DSC_0208 DSC_0790

Next ke LK #2.

Ngomongin LK 2 pastinya ga kalah keren nya dengan LK 1 donk,, LK 2 yang diadakan di purwokerto tepatnya di sekolah polisi Negara memberikan sebuah pelajaran yang sangat berharga sekali baik buat peserta, panitia dan pendamping.

Kamis, 08.00 WIB

Awal pemberangkatan kami ke purwokerto, para peserta dari farmasi UAD sangat berantusias sekali akan adanya LK ini, dengan adanya mentoring dari gubernur farmasi uad selama 3 hari yang lalu cukup memberikan bekal mental dan support untuk peserta LK 2 ini. Perjalanan cukup, memakan 3 jam untuk smpai ke tempat tujuan.

Tak kerasa kami pun sampai di kota SATRIa yaitu Purwokerto. Kaya kiye,mbok mbok, aja kala kiye Heh..itu lah ciri khas wong purwokerto. Kami turun tepat di muka RS. Margono, Rumah sakit yang konon adalah rumah sakit rujukan jawa tengah. Saya berimpian juga untuk dapat mengabdikan diri saya sebagai apoteker disana, amin. Hehe‚ĶūüėČ.

Ok. Kembali ke cerita selanjutnya.

Tak di sangka dan tak di duga, kami pun bareng bersama rombongan mahasiswa dari UI Indonesia. Hehe, secara kebetulan saja. Dan akhirnya kami naik angkot dan bareng mereka tapi sebagian. Yang ku tahu di sana ada Desi ambon, maaf di sebut merk..

DSCN4334 DSCN4323

Seberapa saat kemudian kami pun sampai ke sana, membawa lelah dan barang yang begitu menyiksa kami, tapi tak lama kami melihat biru biru, dan mengucapkan ‚Äúselamat datang‚ÄĚ, itu adalah wejangan membuat energi kami bertambah. Kamipun dipersilahkan ke barak untuk beristirahat sejenak.

Sesaaat ada yang kurang di bagian tubuh kami,. Apakah yang berbunyi, kriuuukkk kriukkkk…

Ternyata perut kami sedikit crewet dengan kondisi saat itu, akhirnya kami memutuskan untuk menenangkan perut ini, tepat di SPN kami pun makan dan tanpa sengaja mahasiswi dari universitas Sultan agung pun menyusul, mungkin saat itu kami pun tak mengenalnya, rasa ingin tahu pun bermunculan, siapa mereka dan dari mana, tapi itu dalam hati, kami pun hanya diam diam, bermaksud menyibukkan dengan teman teman yang sudah lama dikenal.

DSCN4349 DSCN4340

05.00 WIB

Acara pembukaan LKMMF 2 pun dimulai, sambutan demi sambutan pun tersirat. Mulai dari ketua panitia, coordinator wilayah, BEM farmasi UMP (kebetulan yang menjadi tua rumah adalah UMP) serta perwakilan dekanat dari Fakultas Farmasi UNiversitas Muhammadiyah Purwokerto.

07.00 WIB

Tak kerasa sudah menunjukan pukul tujuan lebih, hari pertama, ngapain ya??hehe. peserta seh enak ada kegiatan. Ya !!saya sendiri sebagai pendamping. Diam diam, lama lama tidur di belakang,hehe..

Sebenarnya tidak ada pendamping juga no problem, karena pendamping tidak begitu urgent sekali. Akan tetapi ada kala nya penting juga, missal : motoin peserta, itu aja,, hahahaha… nasib nasib…

DSCN4455 DSCN4374 DSCN4379 DSCN4383 DSCN4423 DSCN4433

Sembari mendampingi peserta, saya berusaha memahami materi yang di sampaikan oleh pemateri, ada beberapa point penting yang di sampaikan oleh bapak Budi Raharjo (ketua IAI banyumas/kepala Farmasi RS. Sarjito) terkait eight stars pharmacist, yaitu Care giver, decision maker dan communicator adalah 3 hal yang memerlukan sebuah profesionalisme. leader dan manager merupakan hal yang membutuhkan jiwa kepemimpinan. Teacher adalah poin yang berkaitan dengan keteladanan. Sedangkan Life long learner dan researcher merupakan poin mengenai pembelajaran. Kedelapan hal tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain, dimana keterkaitan tersebut dapat membawa farmasis menjadi profesi yang dapat diperhitungkan di dunia medis. Tidak hanya mendapat kepercayaan dari pasien, namun juga kepercayaan dari tenaga medis lainnya

so…

Farmasis dituntut untuk dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat diperoleh dengan keyakinan, berlatih dan memimpin diri sendiri.

22,00 WIB

dilanjutkan diskusi mengenai proker ismafarsi wilayah joglosepur,, para peserta di bagi menjadi beberapa kelompok dan siap kelompok di bimbing oleh 1 pengurus wilayah ismafarsi.

Adapun hal yang penting di sana adalah mengenai pengkritisan mengenai proker yang di buat oleh PW ismafarsi joglosepur.

21 jam sudah berlalu peserta pun menutup buku dan bersiap siap untuk mengcas semua tubuhnya dan HP nya untuk persiapan materi besok harinya..

kerjaan di barakkk,,,hehe

DSCN4618

08,00 WIB

acara ini memang lengkap. Di samping ada materi juga ada olahraga pagi nya,,istimewanya adalah ketika kita bisa berkumpul olahraga bareng temen temen universitas lain., sebenarnya biasa ,, hehee

di lanjut materi dari jurnalistik.. yaitu:  Menulis Berita (Arif Hidayat). Beliau menjelaskan banyak hal mengenai : Dalam pencarian informasi untuk menyusun berita perlu adanya pemahaman kode etik jurnalistik dan mengecek kebenaran informasi. Hal tersebut akan membuat berita menjadi akurat dan tidak menjadi suatu hal yang dapat memacu konflik baru.

Informasi yang telah didapat tersebut, kemudian disusun menjadi sebuah berita dengan alur penulisan sbb:

Umum à umum khusus à khusus à Lebih khusus

Untuk dapat dituliskan menjadi sebuah berita, penulis dapat menggunakan teknik narasi, deskripsi, argumentasi dan eksposisi.

Agak sedikit ngantuk seh.. faktor utamanya adalah penyampaian materi yang terlalu monoton,,, tapi ga pa2. Yang penting materi yang di sampaikan cukup memberikan gambaran buat kami tentang informasi dan berita,.

next.. ada lagi nih materi selanjtnya,.. tapi tak sampaikan garis besarnya aja ya,. hehee

Advokasi  (Irfan Fatkhurohman)

Advokasi merupakan suatu aksi atau tindakan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat

Alur advokasi:

Permintaan atau tuntutan

Pemetaan masalah dan peningkatan kapasitas

Komunikasi jaringan advokasi

Proses advokasi; gagal tau berhasil

Keadilan sosial

ok next…berikutnya :

Drug Information (Susanti)

Sebagai seorang  yang tahu betul mengenai obat-obatan, farmasis dituntut untuk dapat menyampaikan informasi mengenai obat secara baik dan benar kepada pasien dan masyarakat. Hal-hal yang harus dilakukan dalam menyampaikan informasi obat antar lain adalah:

Kebenaran (correct),

kelengkapan (complete),

perbandingan (comparative),

dapat diterima (comprehensible).

dan malam nya adalah materi persidangan.

persidangan diartikan sebagai suatu forum yang menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah. Jadi pengertian dari metode persidangan itu sendiri adalah cara menyelesaikan suatu masalah dalam suatu forum berdasarkan hal / agenda yang telah dijadwalkan / dirumuskan sebelumnya.

  • Tata Cara dalam persidangan

1. Persidangan bersifat musyawarah untuk mufakat.

2. Persidangan dipimpin oleh Pimpinan sidang.

3. Peserta sidang berbicara setelah mendapat izin dari Pimpinan sidang.

4. Pimpinan sidang dapat mengenakan ketentuan mengenai lamanya para anggota berbicara.

5. Bilamana pembicaraan melampaui batas waktu yang ditetapkan Pimpinan sidang dapat memperingatkan pembicaraan supaya mengakhiri pembicaraannya dan pembicara harus menaati ketentuan itu.

DSCN4484 DSCN4485

hari selanjutnya,.

kunjungan ke PMI Banyumas dan sosialisasi tentang obat ke siswa SMA

08.00 WIB
kegiatan kunjungan seperti ini tuh sangat bermanfaat bagi kami, di samping ilmu yang kami dapat juga kesadaran kami pun di ketuk agar dapat membantu masyarakat dengan cara mendonorkan darahnya.. alhasil banyak peserta yang antusian dan ingin mendonorkan darahnya..

hehe

DSCN4508 DSCN4502

ada hal yang kami ga dapatkan di PMI lain,, yaitu kami di berikan simulasi mengenai cara mengecekan, menyimpanan, dan cara bagimana mengidentifikasi jenis penyakit yang ada di dalam darah..

keren banget alatnya,, lebih besar dari mesin fotokopi…. hehee…

ya selanjutnya kami bergegas untuk pergi ke sma sma di purwokerto.. ada 2 sekolahan yan kami kunjungi , SMA3 purwokerto dan SMA 4 Purwokerto,….kebetulan saya hanya berkunjung ke sma 4 saja..

ngomongin SMA , jadi inget jaman dulu nih.. jaman dimana nakal nakal,dan jayus jayusnya,.. hhhahaha…

lihat kelakuan anak SMA ketika para peserta mensosialisasikan, jadi inget ketika Di smA dulu anak mahasiswa KKN di ledekit sampai nangis.. hehhee..

sebenarnya apa yang di smpaikan dalam sosialisasi tersebut?

Hmm.. mengenai seputar informasi obat dan poin poin tertang peran Apoteker, dari tiap peserta yang menjelaskan berbeda beda she tapi intinya mereka ingn mengenalkan peran apoteker dan memberikan informasi tentang obat obat dan sedikit dibahas mengenai swamedikasi nya..ya gitu lah pokoknya…

 DSCN4544 DSCN4541 DSCN4531 DSCN4527

05,00 WIB

kami pun kembali ke SPN untuk beristirahat, karena malamnya akan ada penampilan pensi dari tiap komsat..

08,00 WIB

penampilan yang begitu berkesan banget untuk salam satu teman kami. Kebetulan di saat itu dia berulang tahun yang ke 20.. secara spesial temen temen pada merayakan nya.,. Sebenarnya kami ingin mengejain dia. Akan tetapi ga berhasil,… malahan jadi kriiikk krikkk….. hehe…

DSCN4610 DSCN4575 DSCN4591

tapi ga pa2,. Yang penting pesan yang kami sampaikan dapat,,..hehehe.

ok…. sip…

keesokan harinya…

08,00 WIB

paginya para peserta mengisi acara dengan outbond,,

outbond nya cukup bagus sekali.

Salah satu outbond yang keren banget yaitu ‚ÄúAIR KUTUKAN‚ÄĚ .

Jadi gini ceritanya: setiap peserta di suruh untuk memutari bumi 7 kali kemudian ngambil air dengan gelas yang suah di bolongi.. dan memindahkan air tersebut ke botol yang sudah di sediakan..

pecah banget,,,, abissss.s.s

ada yang sempoyongan,. Ada yang larinya belok.,.. macam macam dehh..!!!hahaaahhaa

DSCN4680

setelah itu: mandi — makan — bersiapan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,; p

peserta mempresentasikan proker yang telah di kritisi dan beberapa rekomendasi yang mereka tambahkan..

acaranya cukup berjalan lancar.. dan hingga pada penghujung cara.. ada penyerahan penghargaan untuk the best of partisipant, di lanjut dengan pemilihan ketua angkatan…

dan alhasil Tengku nur indah sari -uad terpiluh sebagai ketua angkatan LKMMF 2013 .. selamat untuk ketua angkatan LKMMF 2013..

sukses nya eteng,,,,hehehe..

981579_569764089713132_343401060_o

dan akhirnya kami semua berkumpul membentuk sebuah lingkaran dan penyanyikan lagu perjuangan,,,

selamat follow up dari kegiatan ini memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam bidang kefarmasian…

dan satu kalimat ‚Äú kami untuk INDONESIA‚ÄĚ

terima kasih untuk tuan rumah Universitas muhammadiyah purwokerto yang telah mengadakan acara ini dan mensukseskan kegiatan ini,… semoga kalian semua menjadi manusia yang luar biasa suatu saat nanti.,.. dan untuk para peserta lanjutkan lagi perjuangan kalian..

di tunggu di LK 3 nasional (januari 2014)…

ISMAFARSI ‚Ķ…………………………satu Maju………………………….

DSCN4699

kami untuk indonesia..

 http://www.youtube.com/watch?v=vcod_fHqjIg&feature=youtu.be

salam

DSCN4549 DSCN4449 DSCN4469 DSCN4430

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s