seminar Internasional -farmasi UAD 2013

SONY DSC(25 mei 2013)baru saja sekitar beberapa jam yang lalu Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan telah mengadakan seminar internasional yang bertemakan “Safety Management Of Central Cytotoxic reconstitution In Pharmacy Practice “.kegiatan ini bekerjasama dengan Rumah sakit Batesda Yogyakarta di ruangan BODOBUDUR – Hotel Tjokro-jogja

 

 

jkkl index

Tujuan dari seminar ini  adalah untuk memberikan  beberapa informasi dan pengetahuan berdasarkan penelitian terbaru dan pengalaman dilapngan , dan juga untuk meningkatkan kemampuan komprehensif profesional kesehatan dalam kaitannya dengan Rekonstitusi Obat  dalam Praktek Farmasi.

kalau bicara tentang seminar internasional ,,tidak lepas dennga bahasa inggris… wow.. sebenarnya agak sedikit parno,kalau kaitannya yang namanya bahasa inggris,…hehe..soalny ada pengalaman yang bikin membuatku trauma ketika SMA dulu. tapi sudahlah,, itu kan dulu,, biar itu menjadi kenangan….
ok yang jelas sekarang,, harus buktikan bahwa aku bisa… action.. hehe,.

action

 

 

 

next:

The International Conference and Workshop on
Safety Management Of Central Cytotoxic Reconstitution
 In Pharmacy Practice
25-27 May 2013
The goal of the conference and workshop is to update some information and knowledge based on recent research and experiences in practice field, also to improve comprehensive skill of professional health in relation with Central Drug Reconstitution in Pharmacy Practice. The outcome of this conference and workshop would figure out and deep comprehension in case Safety Management of central Drug Reconstitution in Pharmacy Practice for academia and practitioners.
itu deskripsi mengenai seminar ini,, secara gamblang gambaran mengenai seminar internsional ini yaitu selain ada pembicara dari luar negeri dan pesertanya juga dari luar negeri. ada sesi “oral Presentation”. jadi setelah acara seminar tersebut dilanjutkan dengan presentasi dari tiap tiap peserta mengenai jurnal yang telah mereka rancang.., keren abis.. serasa jadi pemateri gitu. sayang nya aku hanya bisa menatapi kejadian tersebut.. mungkin hal tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran kedepannya, karena mau tidak mau,aku pasti mengalami hal seperti yang di alami peserta seminar.
———————————————————————————-“”””——————————————————————————
08.00 wib.
acara di mulai.. detik dimana MC melakukan tugas nya...good morning everybody. itu kata kata yang pertama kali muncul. mungkin itu kata kata yang asing buat ku. karena jarang sekali aku dengar. terakhir terdengar ketika aku menonton film Iron man3. itu juga aku lupa….  
SONY DSC
kondisi ruangan seminar
waktu terus bergulir… acara ini pun di buka oleh Rektor UAD Drs. Kasiyarno M.Hum. dengan 3 kali pemukulan dong… sempat aku tersentak ketika beliau bilang.. i hit in the gong… … dan tak lama kemudian suara tepuk tangan dingin bersorak..
variasinya kegiatan di buka oleh tarian iching.. entah lah tarian apa itu tapi cukup menghibur,, hehe..
keren keren..
penampilan tari lebih seru lagi ketika para pembicara berfoto bersama penari..hee
SONY DSC SONY DSC
sebelah kiri (Prof. dr. A. A. Kaptein)                                          sebelah kanan (Harbans Kaur Dhillon )
tak lama kemudian para pembicara pun mengisi acara tersebut..
dimulai dari Mr. kapten, mirip orang belanda kan.. emang mister ini asalnya dari belanda.. beliau adalah dosen atau promotornya bu diah (My lecturer ) saat menimba ilmu di belanda sana.. tinggi besar, putih, tapi sayang da bisa ngomng bahasa indonesia, mungkin kalau beliau bisa bahasa indonesia. tak ajak ke malioboro,,, suruh ngicipi nasi kucing plus kopi JOSSS.. he.. kayaknya mister mau deh… hahhaa..
dari presentasi mister yang aku tangkap yaitu mengenai kulitas hidup pasien
mister tersebut menjelaskan mengenai tahapan menuju kualitas hidup.
mulai dari CompliAnce kemudian adherence trs Concordance–> Self management trs menuju Quality of life
mister tersebut menjelaskan juga mengenai medicine dari segi psikolgis nya…
sembari begitu. unik nya lagi mister mendeskripsikan sebuah teori dengan gambaran yang real.
sebenarnya banyak seh yang mister sampaikan tapi kaerna aku ga begitu memperhatikan, malah sibuk foto foto dengan panitia di belakang… tahu tahu mister udah kelar aja bicaranya,.. hehehe..
SONY DSC SONY DSC
next
dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu :Harbans Kaur Dhillon [Assistant Chief Pharmacist Director, University Malaya, Medical Centre, Malaysia]. nah beliau itu berasal dari malaysia.. negara tentangga kita,, yang konon kita ga pernah akrab sama negara tetangga yang satu ini. siapa bilang ga pernah akrab,,, yang bilang kayak gitu adalah kaum minoritas yang tak mengerti akan persaudaraan… buktinya panitia seminar internasional fine fine aja ngudang beliua ke jogja-indonesia..
di kesempatan seminar ini materi yang beluau sampaikan cukuplah bermanfaat,, malahan banyak manfaat nya….beberapa poin penting yang di sampaikan, “the rule of oncology pharmacist in improving care of patiens. disini beliau menjelaskan secara detain mengenai: 1. medication use system,2.oncology pharmacist.(PC untuk pasein kanker, dan pelayanan nya). 3. mengenai Multidisipliner aproach safe prescribing dan administrasi untuk kanker. dan sebagainya.. mungkin ga bisa tak jelasin satu persatu secara detail. kalau mau tahu sms/ telp aja beliau.. hehe… inti nya seperti itu,,
dilanjutkan dengan pembicara ketiga yaitu : dari yogyakarta Dra. L. Endang Budiarti, M.Pharm., Apt. [Bethesda Hospital Yogyakarta, Indonesia] ,, beliau menjelaskan mengenai Current Practice of Oncology Pharmacist in Bethesda Hospital. sebenarnya RS batesdha sendiri adalah rumah sakit yang mempunyai pelayanan kefarmasian yang baik akan tetapi mengenai “safety management nya belum begitu muncul” akan tetapi dari materi yang beliau sampaikan  sangat memberikan penerangan sekali mengenai,,kualitas dan kuantitas pelayanan kefarmasian. stategi management nya juga cukup bagus sekali.. yang mungkin ini adalah nilai + untuk batesda, kenapa Farmasi UAD memilih Batesda sebagai patner untuk seminar internasional ini..
di lanjutkan materi terakhir dari our lecturer. mrs. Dr. Dyah Aryani Puspitasari, M.Si., Ph.D., Apt.. sedikit gambaran mengenai penyampaian materi yang ibu diah sampaikan,,  kebetulan aku di delegasikan untuk mengurus pemburningan CD peserta maka aku ga liat apa yang di sampaikan ibu diah.. tapi ada dari judul yang beliau tampilkan yaitu : development pharmacist skill in medication reconciliation” sudah menjadi refesentatif untuk memberikan pengetahuan bagaimana mengembangkan skill seorang farmasis …. menyambung dari mr. kapten tadi, beliau membahas juga mengenai diagram compliance dan adherence serta preventing medica eror…
13.00 wib
selanjutnya acara workshop dengan ruangan yang berbeda,, ruangan ada 6 (2 untuk presentasi oral dan 4 lagi untuk KIE). para peserta menjelaskan mengenai jurnal yang masing masing kelompok sudah di buat dengan dampingan bapak dosen farmasi dan TIM penguji KIE..
kegiatan dan suasana begitu tertib, tak ada kendala dan tak ada masalah yang begitu besar.. sehingga bisa dikatakan acaranya sipp. dek…
16.00 WIB
semua tugas peserta dan tugas panitia melaksanakan job job nya telah selesai,.,. energi panitia sudah penuh karena sebelumnya telah di cas oleh nasi goreng sajian hotel cokro,
——————————————————————======================——————————————————————
terima kasih kepada ketua panitia dan jajaran nya.. terutama untuk pak hendi dan pak aziz yang telah mengkordinasi dan menejemen kegiatan seminar ini dari awal sampai berakhir.
terimakasih buat kegiatan panitia mahasiswa “kasbulah” beserta jajarannya yang tidak aku sebutkan satu persatu,, yang jelas jasa dan bantuan temen temen adalah kekuatan dalam sukses nya kegiatan ini…
semoga semua nya akan tergantikan oleh pahala yang berlipat ganda,,
semangat teman teman untuk kegiatan selanjutnya,…
terimakasih..
“Real success is determined by two factors. First is faith, and second is action
lain lain foto:
SONY DSC SONY DSC SONY DSC
SONY DSCSONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s