Siap-siap Menanti Supermoon Sabtu Malam

Supermoon alias bulan purnama terdekat dengan bumi di langit bisa dilihat di seluruh dunia malam ini. Masyarakat bisa melihatnya usai maghrib waktu setempat.

“Supermoon bisa dilihat mulai maghrib waktu lokal saat matahari terbenam dan bulan terbit di ufuk timur di seluruh bumi,” ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Sabtu (5/5/2012).

Djamaluddin mengakui, fenomena yang terjadi mulai malam ini hingga Minggu (6/5) malam ini sangat sukar dilihat oleh masyarakat awam. Namun bagi pengamat astronomi, hal ini bisa terlihat dengan bantuan lensa teleskop.

“Memang masyarakat tentu hanya melihat seperti bulan purnama biasa. Purnama dengan bulan yang terlihat penuh. Namun bagi pengamat yang sering mengamati akan terlihat supermoon-nya,” beber dia.

Fenomena supermoon tidak terlepas dari rob. Namun Djamaluddin memastikan tidak perlu mengkhawatirkan hal itu.

“Memang dari segi rob maksimum setiap purnama. Tetapi tidak terlalu dikhawatirkan,” kata Djamaluddin.

Dikutip dari space.com pada (30/4) lalu, supermoon nanti malam merupakan jarak Bulan dengan Bumi yang paling dekat di tahun 2012 ini. Saat peristiwa terjadi Bulan akan lebih besar dan lebih terang hingga 16 persen dari rata-rata.

Fenomena ini terjadi karena orbit bulan bukanlah lingkaran sempurna. Pada 28 November mendatang akan terjadi fenomena yang berkebalikan dengan supermoon. Di akhir tahun nanti, saat bulan purnama, bulan sedang berada di titik terjauh dari Bumi. Sehingga Bulan akan tampak kecil dan redup. Supermoon pada tahun lalu terjadi pada 19 Maret.

buat cowok cowok yang belum bisa nempak pasangannya… malam ini kayaknya malam yang tepat untuk mengatakan I LOVE you kepada pasangannya.hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s