Warung Gudeg Pejompongan Rasanya Yogya Banget

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Mochamad Faizal Rizki

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Untuk merasakan gudeg dengan cita rasa aslinya, Anda tidak perlu jauh-jauh melancong hingga ke Yogyakarta. Anda cukup datang ke Warung Gudeg Pejompongan yang berlokasi di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Jangankan menu, dari tampilannya saja sudah melambangkan makanan tradisional khas Yogyakarta. Sewaktu tim Tribun menyambangi warung tersebut, di etalase sudah menyajikan berbagai macam lauk gudeg. Deretan kendi dari tanah liat berwarna coklat tua berisi aneka ragam hidangan juga ikut mengundang selera pengunjung.

Untuk menyesuaikan warga Jakarta yang heterogen, Warung Gudeg Pejompongan mengurangi rasa manisnya. “Gudeg dibuat tidak terlalu manis dan agak basah. Supaya lebih cocok dengan lidah dan selera warga Jakarta. Ternyata langkah ini banyak disukai,” ungkap Sudiyanti, anak bungsu Sukarmi sang perintis usaha Gudeg Pejompongan.

Dahulu, Sukarmi yang kelahiran asli Kranggan, Yogyakarta, memang hobi meramu gudeg. Oleh sebab itu, saat pindah dari Yogyakarta ke Jakarta, dia memulai usaha di garasi rumahnya.

Meski rasa gudeg dibuat tidak terlalu manis, warung ini masih menjaga pakem masakan gudeg yang ada hingga kini. Salah satu gudeg dimasak menggunakan anglo arang sehingga api kecil bisa diciptakan secara konstan dan bumbunya menyerap hingga sempurna.

Berita lengkap silakan klik di Tribun Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s