Bahaya! Tomcat Singgah ke Jogja

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Serangga Tomcat ternyata juga merambah Jogja. Serangga yang diduga tomcat ini menyerang warga di RT 48 RW 07 Celeban Baru, Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Hal tersebut menyebabkan 12 warga dari 9 kepala keluarga yang tinggal di gang Sidorukun mengalami penyakit kulit, seperti yang disebabkan oleh serangga tomcat.

Salah seorang warga, Masriati (32), mengatakan sejak seminggu keluarganya mengalami penyakit kulit. “Awalnya perih, panas lama-lama seperti gosong. Saya, suami dan dua anak mengalami hal yang sama,” katanya, Rabu (21/3).

Menurut dia serangga tersebut sering muncul saat malam hari. “Suka mengerumuni lampu. Jumlahnya banyak sekali,” katanya.

“Dari ciri-ciri serangga memang seperti tomcat,” ucap Petugas dari Bidang Pertanian Disperindagkoptan Dhoto Dewandono sambil memasukkan serangga berukuran lebih kurang 1 centimeter ke dalam plastik.

( trb / CN32 )

 

 

 

Tjandra mengatakan jika menemukan serangga ini, jangan dipencet atau dimatikan dengan tangan telanjang agar racun tidak mengenai kulit.Masukkan ke plastik dengan hati-hati, lalu buang ke tempat yang aman. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka dan usahakan pintu selalu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
“Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini. Bila serangga banyak sekali maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia,” kata Tjandra, Rabu(21/3/2012).

Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup atau menggunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati

Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.
“Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus. Semoga Uraian Tentang Cara Ampuh Mengatasi Serangga Tomcat bermanfaat Untuk anda semua.

Sumber : http://m-wali.blogspot.com/2012/03/cara-ampuh-mengatasi-serangga-tomcat.html#ixzz1q6gig4Jh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s