Tamansari, Romantika Jogja Tua

kamis, 5 januari 2012..

Salah satu pesona utama di kompleks Keraton Jogja adalah Tamansari. Kecantikan dan suasana ala kehidupan puteri keraton sangat memukau. Banyak pasangan muda-mudi mengabadikan diri di sini untuk sekedar merekam masa indahnya mereka.  Tak jarang pula calon pasangan memanfaatkan aura romantis Tamansari sebagai lokasi sesi foto pre-wedding.begitupun kami(saya, anton,juju,kyan,kiki,david dan silvi) yang senantiasa datang menjelang sore kesana menikmati indahanya jogja tua……

Meski berada tepat di pusat kota, lokasi Tamansari tersembunyi di tengah perkampungan padat. Objek wisata ini berada cuma sepelemparan batu komplek Keraton Yogyakarta, tepatnya arah barat daya dari halaman Kemandungan Selatan (Magangan). Bersebelahan dengan pasar Ngasem,Tamansari secara administratif berada di kampung Taman, Kecamatan Kraton.

Istana Tamansari mulai dibangun pada 1757, tepatnya setelah Perjanjian Giyanti pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwana I dan selesai 1765. Arsitektur yang digunakan dalam kompleks Tamansari adalah perpaduan antara gaya arsitektur Hindu, Budha, Islam, Eropa dan China. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat tentang pendiriannya, Tamansari melibatkan 2 sosok dari luar Yogyakarta.(hasil penelusuranku di mbah google)

Bagian – bagian Tamansari:

Bagian Sakral
Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.tapi sayang kita kita ga kesana soalnya udah sore seh, jadi ya kapan  kapan lagi deh!!!!heheh,,
Bagian Kolam Pemandian
Kolam Pemandian 


Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.

Bagian Pulau Kenanga
Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah.

Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti

Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti adalah sebuah bangunan tinggi yang berfungsi sebagai tempat beristirahat, sekaligus sebagai tempat pengintaian. Bangunan inilah satu-satunya yang akan kelihatan apabila kanal air terbuka dan air mengenangi kawasan Pulau Kenanga ini. Disebutkan bahwa jika dilihat dari atas, bangunan seolah-olah sebuah bunga teratai di tengah kolam sangat besar.bagian ini paling lama kita nongkrong disana soalnya tempatnya bernuasa jaman dulu banget seolah kita tuh masuk ke jaman penjajahan inggris dan belanda,,hehehe…(dunia hayal)… kita sempat foto foto bareng sekaligus mengoyak ngoyak temen kita … nama samaran sebut saja david dan silvi,,hhehe….. entah chemistri apa yang menyebabakan kita menjodoh jodohkan mereka….masalah mereka saling suka apa enggaknya ,,, biarlah mereka yang menemukannya…hehhehe
Sumur Gemuling

Sumur Gemuling adalah sebuah bangunan melingkar yang berbentuk seperti sebuah sumur didalamnya terdapat ruangan-ruangan yang konon dahulu difungsikan sebagai tempat sholat.

Lorong-lorong Tamansari

Sementara itu lorong-lorong yang ada di kawasan ini dahulu konon berfungsi sebagai jalan rahasia yang menghubungkan Tamansari dengan Kraton Yogyakarta. Bahkan ada legenda yang menyebutkan bahwa lorong ini tembus ke pantai selatan dan merupakan jalan bagi Sultan Yogyakarta untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul yang konon menjadi istri bagi raja-raja Kasultanan Yogayakarta. Bagian ini memang merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pertahanan atau perlindungan bagi keluarga Sultan apabila sewaktu-waktu ada serangan dari musuh.

————————————————————–90—————————————————————————————————-

oh men tadi di tempat ini ada cewek cantik…hehhe.. mantap….. dia model kayaknya ,,,, (ilustrasi aja gambarnya…. soalnya ga berani lah ngambil foto orang,,hahahhahah))))


Tamansari adalah sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta yang merupakan obyek wisata utama kota ini, Tamansari memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan Tamansari antara lain terletak pada bangunannya sendiri yang relatif utuh dan terawat serta lingkungannya yang sangat mendukung keberadaannya sebagai obyek wisata.

Daya tarik lainnya adalah kesenian berupa batik lukis. Tamansari telah lama dikenal sebagai tempat awal terciptanya batik lukis. Batik lukis adalah salah satu metode melukis yang menggunakan prinsip-prinsip membatik. Pembuatan batik lukis lebih bebas dalam hal alat, metode, maupun desain daripada batik tulis ataupun batik cap. Tak hanya membeli hasil kerajinan dan mengamati pengrajin berkarya, pengunjung juga bisa merasakan bagaimana cara membuat selembar batik lukis.

Seiring perkembangan kota, keberadaan kompleks Tamansari di tengah-tengah kawasan padat penduduk menyebabkannya rawan perusakan. Karenanya, atas usul Jogja Heritage Society, World Monument Fund (WMF) menetapkan Kompleks Istana Tamansari sebagai satu dari seratus Most Endangered Sites 2004 (Situs Paling Terancam 2004).

tambahan lagi,,.,

sebenarnya saya ngiri lihat foto ini… coba aja wah mantapppp.. andai foto bareng bersama kekasih ….hehe((khayal tingakt tinggi))

cewek alone.//.je

asiikk   asikkkk

co: matamu seindah bola pim-pong…!!

ce: lho,, koq bola pim pong mas,,

co: ya de,, soalnya matamu bikin hatiku thok thok thok(suara bola pimpong di pukul raket)

ce: bisa aja mas… ih mas ,,,tambah sayang aja deh!

co: de… koq matamu merah,,.,, !!

ce; ya pow,,, masa mas

co: ya soalnya tadi matanya bis di kerubungi semut ya,, kan matamu manis,,,hehe…

ce: asik asik asik… duh cenat cenut nih hatiku,,,

mat

ce: (nunjuk).. yank tahu ga berapa jauh jarak bumi ke langit ???

co: ga tahu say,, mang berapa??

ce: tak terbatas yank,,seperti cinta kita… heheheh

naik mobil sudah biasa ngepit bareng luar biasa…

pasang agak bb++ tapi romantis banget….

ce : mas… mau kesana koq gelap banget,, jadi takut,,,,/hihihih//

co: tenang aja,,, kan ada mas yang slalu menerangi mu ketika kamu merasa kegelapan….

Soalnya apa,.mas bawa senter nihh(wkwkkwkw))…

gila men,. romantis banget..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s