Tetap Sehat Meski Cuaca Ekstrim

Sebentar cerah, sebentar hujan. Begitulah kondisi cuaca yang sering ditemui sekarang ini. Walaupun seharusnya sudah memasuki musim kemarau, sebagian daerah di Indonesia masih mendapatkan hujan.

Panas dan hujan yang tidak menentu membuat daya tahan tubuh berkurang. Baik anak-anak maupun orang tua, semua rentan terkena penyakit pada cuaca ekstrim seperti ini. Dr Peter Staats dari Sekolah Kedokteran John Hopkins menuturkan, saat pergantian musim terjadi, tubuh pun beradaptasi untuk menghadapi perubahan musim yang terjadi. “Kondisi seperti inilah yang kemudian menimbulkan ketidaknyamanan dan membuat tubuh mudah terserang penyakit,” ujarnya.

Sejumlah penyakit yang biasa muncul diantaranya infeksi virus influenza, diare, tipus, serta beberapa infeksi lain yang umum seperti infeksi tenggorokan dan lainnya. Yang paling sering menyerang adalah influenza alias penyakit flu. Pada penyakit ini, pertahanan tubuh manusia yang diserang. Walau tidak berbahaya, flu sering mengganggu kegiatan sehari-hari karena seseorang yang flu sering merasakan lesu, pilek, serta pusing yang terkadang disertai batuk. Namun, dengan istirahat yang cukup, flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Untuk penderita flu berat, sebaiknya segera berkunjung ke dokter.

Penyakit kedua yang sering muncul adalah diare. Biasanya gangguan pencernaan ini muncul karena banyaknya debu dan kotoran yang berpotensi menjadi pemicu timbulnya diare. Hal ini juga erat kaitannya dengan pola konsumsi makan yang kurang baik, misalnya kurang memperhatikan kebersihan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Cara sederhana untuk mencegah diare adalah rebus air yang akan diminum serta rajin mencuci tangan sebelum makan. Kebiasaan ini terbukti efektif menghindarkan seseorang dari diare dan tipus.

Agar tubuh tetap bugar di saat cuaca ekstrim muncul, tingkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup. Tidurlah dengan jumlah jam yang pas serta hindari banyak begadang dan merokok. Konsumsi makanan yang bergizi. Bila perlu, tambahkan dengan asupan suplemen. Cukupi konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Asupan cairan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai tubuh lemas karena kekurangan cairan. Perbanyak minum terutama jika cuaca panas dan berdebu.

Bila daya tahan tubuh terasa mulai menurun, hindari jajan sembarangan terutama bagi anak-anak. Akan lebih baik jika membiasakan membawa bekal makanan dari rumah. Tubuh juga perlu melakukan olahraga secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rumusnya, istirahat yang cukup ditambah mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur akan menghasilkan daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s